About AKPAR Sinar Surya

Kondisi terlihat dari awal perkembangan industri pariwisata di Indonesia yang diawali dengan munculnya beberapa hotel dan juga industri jasa lainnya sebagai bukti akan tekad bangsa Indonesia mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pemasukan devisa Negara. Jumlah wisatawan dunia, baik di timur maupun barat, meningkat setiap tahunnya. Sebagai contoh di RRC untuk tahun 2005, tercatat sebanyak 31 juta wisatawan mengunjungi Negara tersebut, sedangkan di Jepang dan Korea Selatan, jumlahnya mencapai jutaan wisatawan, Indonesia harus berupaya untuk dapat merebut beberapa persen dari market yang begitu besar.

Untuk itu, Yayasan Sinar Surya Persada telah membuka AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA, agar dapat menciptakan tenaga pariwisata dan perhotelan yang memadai, yang dibekali keterampilan profesional serta menguasai Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris. AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA dulunya bernama AKADEMI PARIWISATA BUANA WISATA yang didirikan pada tanggal 01 Desember 1969 dengan SK Mendikbud No. 0361/001/1972. Kemudian diberikan izin perpanjangan dengan SK 550-dikti/Kep.4003/D/T/2004 tanggal 21 Oktober 2004 dan mulai bulan Maret 2006 berganti nama menjadi AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA dengan SK Mendiknas No. 76/D/O/2006.

Penerapan di AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA selain mencakup proses Akademik juga mencangkup unsur penunjangnya, mulai dari proses administrasi akademik, administrasi umum dan keuangan, administrasi kemahasiswaaan, perpustakaan sampai cybernet. Oleh karena itu, seluruh civitas akademika merupakan satu kesatuan dalam satu system.
Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan antara lain fisik pembangunan kelas dengan memperbaiki ruang kelas menjadi nyaman sesuai dengan fasilitas perkuliahan modern. Disamping itu, telah dilakukan perbaikan ruang praktek dan berbagai perbaikan lainnya, termasuk perkembangan program e-learning, penambahan buku-buku referensi serta penambahan peralatan laboratorium secara terus menerus.

Lulusan AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA langsung dapat diterima bekerja di suatu perusahaan berkat kemampuan bahasa mandarin yang dimiliki. Dengan kuliah di AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA anda tidak perlu lagi mencari kursus dan mengeluarkan biaya untuk berbahasa Mandarin.

AKADEMI PARIWISATA SINAR SURYA bekerjasama dengan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri. Kerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri berupa program, melanjutkan studi maupun pelatihan praktek seperti dengan Sekolah Tinggi Pariwisata SAHID, School of Hotel, Restaurant and Tourism Management, Akademi Pariwisata Jakarta, Akademi Pariwisata Paramitha. Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri berupa program beasiswa, melanjutkan studi maupun pelatihan praktek seperti dengan Fujian Normal University of China atau HUa Qiao University di Quan Zhu RRT. Quan Zhu adalah sebuah kota pelabuhan tua dimana laksamana Ceng Ho mengawali perjalanan ekspedisi keluar China.



Kerjasama dilakukan pula dengan pihak Hotel maupun Travel seperti Makara Tour and Travel, Royal Rainbow Tour and Travel, Marco Lyday Tour and Travel, Hotel Jayakarta, Le Grandeur Hotel, Hotel Oasis Amir , Hotel Sahid. Kerjasama ini berguna dalam Praktek Kerja bahkan diluar daripada mitra kerjasama ada beberapa Hotel dan Travel yang meminta seperti Cathya Pacific, Hotel Nikko, Four Season Hotel, Anta Tour, Panorama Tour dengan kemampuan bahasa mandarin yang dimiliki jika dalam praktek kerja terlihat baik mahasiswa langsung ditawarkan untuk bekerja dari pengalaman alumni yang sebelumnya.

Informasi & Support

Latest News

Written on 01 December 2016, 13.14
  PEMBERITAHUAN Kepada seluruh Mahasiswa/i Xin...
Written on 01 December 2016, 13.14
  PEMBERITAHUAN Kepada seluruh Mahasiswa/i Xin...
Written on 01 December 2016, 13.14
  PEMBERITAHUAN Kepada seluruh Mahasiswa/i Xin...

Visitors Counter

TodayToday78
YesterdayYesterday107
This WeekThis Week591
This MonthThis Month1335
All DaysAll Days208594